Halaman

Pages - Menu

Pages - Menu

Rabu, 25 Desember 2024

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI DI MICROSOFT WORD

 CARA MEMBUAT DAFTAR ISI PADA MICROSOFT WORD DENGAN MUDAH

Apa Itu Daftar Isi? 

Secara umum, daftar isi merupakan kumpulan judul dari berbagai bagian dalam suatu dokumen, yang juga dilengkapi dengan nomor halaman. Fungsinya adalah memberikan informasi mengenai struktur dokumen, termasuk judul bab, jumlah bab, dan lokasi halaman masing-masing bab. Kegunaan Daftar Isi:

Memberikan gambaran garis besar pembahasan dalam naskah. Menunjukkan letak halaman dari setiap bab atau bagian. Langkah-langkah Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms Word Berikut cara membuat daftar isi otomatis di microsoft word yang bisa kamu ikuti. Jika kamu memiliki ratusan halaman dalam satu dokumen, kamu bisa mengikuti tutorial membuat daftar isi otomatis di bawah ini, karena akan sangat mempersingkat waktu kamu.

1. Susun Dokumen dengan Baik Pastikan setiap bab dalam dokumen Anda sudah memiliki judul dan nomor halaman yang benar. Susunan ini akan menjadi dasar untuk pembuatan daftar isi otomatis. 

2. Letakkan Kursor pada Halaman Kosong di Ms Word Buka dokumen Ms Word dan letakkan kursor pada halaman kosong di mana Anda ingin meletakkan daftar isi.

3. Akses Menu "References" Klik menu "References" di toolbar Ms Word Anda.

4. Klik "Table of contents". Klik ikon "Table of contents" yang tersedia di menu "references". 

5. Pilih style daftar isi. Pilih gaya atau style daftar isi yang diinginkan dari pilihan yang muncul. word menyediakan beberapa template yang dapat anda pilih sesuai preferensi anda. 

6. Jika tidak cocok, Pilih "Insert Table Of Content". Jika gaya yang tersedia tidak sesuai, anda dapat memilih opsi "insert Table of content" memungkinkan anda membuat tampilan daftar isi sesuai keinginan.  

7. Pilih style daftar isi (lagi). Dalam opsi "general", klik tombol dropdpwn, dan pilih tampilan daftar isi yang paling sesuai dengan preferensi Anda. Pilihan umumnya mencakup Classic, From Template, Fancy, Modern, Simple, dan lainnya. Jika Anda menginginkan daftar isi dengan titik-titik, pilih "From Template" dan klik "Ok". 

8. Daftar Isi Otomatis di Ms Word Selesai Dibuat Daftar isi otomatis akan terbentuk sesuai dengan susunan dokumen Anda. Anda dapat melihatnya di halaman kosong yang sebelumnya Anda tentukan. Catatan: Jika Anda ingin mengedit teks atau paragraf di dalam setiap bab, cukup blok teks yang ingin dihapus dan tekan tombol "backspace" di keyboard Anda. 

Dengan memahami cara membuat daftar isi otomatis di atas, Anda dapat membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word dengan mudah. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas tampilan dokumen Anda tetapi juga menghemat waktu dan tenaga.

Berikut, video tutorialnya!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar